Web
usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web.
Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum
mengimplemen-tasikannya pada sebuah web. Menurut Jacob Nielsen, usabilityadalah
sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interfaceuntuk
digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan
kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
Usability didefenisikan
melalui lima komponen, yaitu :
a. Learnability
Learnability menjelaskan
tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika
pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b. Efficiency
Efficiency menjelaskan
tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikantask-task setelah mereka
mempelajari hasil perancangan.
c. Memorability
Memorability menjelaskan
tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah
beberapa lama tidak menggunakannya.
d. Errors
Errors menjelaskan
jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan
terhadap error dan cara memperbaiki error.
e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan
tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Sebuah web
dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya.
Berikut ini adalah kodisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web:
Web sulit
digunakan.
Homepage tidak
menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja yang dapat
dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
Pengguna
mendapatkan adanya kesalahan pada web.
Informasi
web sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna.
User
Experience
User
experience bisa berupa kesan yang diperoleh pengguna setelah menggunakan
suatu perangkat lunak termaksud saat mengunjungi lamanwebsite. Kesan-kesan
tersebut bisa berupa kesan positif, seperti : satisfiying, enjoyable, fun,
entertaining, helpful, motivating, dan lainnya. Dan juga dapat berupa
kesan negatif, seperti : boring, frustasing, annoying, dan lainnya.
Dalam
membangun website, pengembang harus memperhatikan bagaimana caranya
agar pengguna dapat merasakan kesan-kesan positif dan meminimalkan kesan
negatif.
Riview Detik.com
Dalam website Detik..com, layanan iklan sangatlah dibutuhkan karena disitulah pihak media bisa mendapatkan penghasilan. Iklan-iklan ni sangat mudah dijumpai di setiap website di setiap bingkai berita. Desainnya pun beragam dan bagus-bagus hal ini bertujuan agar para pembeli tertarik dengan apa yang dipasarkan. Layaknya kita berbelanja di dunia nyata, berbelanja di dunia Online pun sudah marak dan berbagai macam bentuknya. Dan bentuk iklan itu berganti-ganti agar bisa semua iklan terlihat seperti halnya iklan di Tv.
Clarity
Desain yang ada di website Detik.com ini dirancang dengan tampilan yang membuat para pembaca online seperti sedang membaca koran dengan ditambah tampilan yang menarik serta gambar-gambar yang beragam. Peletakan tombol-tombolnya pun dibuat agar para pembaca merasa terbiasa dan mudah dalam membaca website ini. Dan agar para pembaca dapat membaca dengan jelas, penggunaan background warna biru muda agar membuat mata pembaca menjadi lebih fresh.
Consistensy
Hal ini sangat dibutuhkan sekali, agar para pembaca tidak lupa bagian mana saja yang sering mereka baca. Karena ketetapan suatu tampilan berpengaruh dengan niat si pembaca. Baik gambar, teks dll yang akan selalu berkaitan dan harus bisa menjalin kerjasama agar tercipta suatu bacaan yang bagus.
proximity
Didalam berita jika ada berita penting namun terusan berita ini berbeda halaman tentu sangat membuat pembaca jengkel dibuatnya, hal ini yang menjadi landasan suatu web seperti Detik.com ini membuat kaitan antar berita satu dengan yang lain bisa dihubungkan secara mudah agar pembaca dapat dengan mudah mencari berita yang di inginkan sang pembaca.
contrast
Kejerinihan suatu gambar dan warna-warna yang menarik menjadi suatu daya tarik pembaca agar lebih senang dan betah membaca di web Detik.com dan warna-warna ini pun untuk memperkuat fokus pembaca bacaan mana yang ingin pembuat berita ini mejadikan topik utama. Agar pembaca tau berita mana saja yang baru di Update oleh Redaksi dari Detik.com.
Riview Detik.com
Dalam website Detik..com, layanan iklan sangatlah dibutuhkan karena disitulah pihak media bisa mendapatkan penghasilan. Iklan-iklan ni sangat mudah dijumpai di setiap website di setiap bingkai berita. Desainnya pun beragam dan bagus-bagus hal ini bertujuan agar para pembeli tertarik dengan apa yang dipasarkan. Layaknya kita berbelanja di dunia nyata, berbelanja di dunia Online pun sudah marak dan berbagai macam bentuknya. Dan bentuk iklan itu berganti-ganti agar bisa semua iklan terlihat seperti halnya iklan di Tv.
Clarity
Desain yang ada di website Detik.com ini dirancang dengan tampilan yang membuat para pembaca online seperti sedang membaca koran dengan ditambah tampilan yang menarik serta gambar-gambar yang beragam. Peletakan tombol-tombolnya pun dibuat agar para pembaca merasa terbiasa dan mudah dalam membaca website ini. Dan agar para pembaca dapat membaca dengan jelas, penggunaan background warna biru muda agar membuat mata pembaca menjadi lebih fresh.
Consistensy
Hal ini sangat dibutuhkan sekali, agar para pembaca tidak lupa bagian mana saja yang sering mereka baca. Karena ketetapan suatu tampilan berpengaruh dengan niat si pembaca. Baik gambar, teks dll yang akan selalu berkaitan dan harus bisa menjalin kerjasama agar tercipta suatu bacaan yang bagus.
proximity
Didalam berita jika ada berita penting namun terusan berita ini berbeda halaman tentu sangat membuat pembaca jengkel dibuatnya, hal ini yang menjadi landasan suatu web seperti Detik.com ini membuat kaitan antar berita satu dengan yang lain bisa dihubungkan secara mudah agar pembaca dapat dengan mudah mencari berita yang di inginkan sang pembaca.
contrast
Kejerinihan suatu gambar dan warna-warna yang menarik menjadi suatu daya tarik pembaca agar lebih senang dan betah membaca di web Detik.com dan warna-warna ini pun untuk memperkuat fokus pembaca bacaan mana yang ingin pembuat berita ini mejadikan topik utama. Agar pembaca tau berita mana saja yang baru di Update oleh Redaksi dari Detik.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar