Jumat, 13 Juli 2012

Apasih OS Bada? :O





Bada?
Pasti banyak yg masih asing sama OS yang satu ini kebanyakan pasti lebih mengenal OS Android sebagai OS yang paling melejit kali ini tapi ada juga loh yg perlu diperhitungkan lagi di dunia gadget :D
Kenalan yuk sama OS Bada :D awalnya aku juga ga ngerti OS Bada itu apaan tapi aku baru mengenalnya seja beli Samsung Wave 525 hehe Awal nyesel gak jelas gitu beli ini hape soalnya lebih pengen Android :(
Tapi setelah makek hape ini lama lama seru juga gak kalah sama Android lagian OS Bada juga Open source asek dah..
Nah mari kita lebih tau spesifikasinya ya :)


Perkembangan dan perang OS antara Symbian OSdan Android OS (google developer) makin panas setelah Samsung meluncurkan sistem operasi terbaru besutannya.

Samsung baru saja mengumumkan versi terbaru dari Bada, yakni 
Bada OS 2.0. Secara harfiah, kata “Bada” sendiri diambil dari bahasa Korea yang artinya Samudera Dalam.

Latar belakang samsung menggunakan kata tersebut agar Samsung membuktikan kepada para pesaingnya terutama OS yang sudah populer seperti Android ataupun Symbian, bahwa OS Bada akan membawa perubahan besar dalam meraih pangsa pasar dikemudian hari nanti.

Rencananya OS Bada ini akan disematkan disemua lini produk samsung. Mulai hape kelas low end, Mid End hingga kelas High end (Smart 
Phone).

Inilah Beberapa fitur baru yang ditawarkan Bada OS 2.0: 

1. Dukungan NFC (seperti Android 2.3 Gingerbread)
 
2. SDK baru (dapat digunakan pada komputer berbasis Mac dan Linux)
3. Dukungan multitasking
4. Tampilan UI dan UX yang lebih baik
5. Dukungan aplikasi jejaring sosial pihak ketiga
6. Peningkatan fitur keamanan
7. dukungan revenue model (tarif operator, layanan iklan).

Sementara Versi terbaru dari Bada yang banyak digunakan adalah versi 1.2 dan ada 6 smartphone berbasis Bada OS 1.2 yang ada dipasaran, di Indonesia sendiri ada dua smartphone Bada OS 1.2 yakni
Samsung Wave 525 dan Wave 533.

Adapun kelebihan dan kelemahan dari BADA OS adalah:

Kelebihan:
 

1. Banyak game, aplikasi yang menjadi nilai tambah pada fitur yang sudah ada.
 
2. Kita bisa membuka banyak aplikasi yang kita instal/download sesuai format yang mndukung dengan hp
kita

Kelemahan: 

1. Banyaknya aplikasi yang di-instal, hp jadi mudah lambat dapat memproses nya


Bada merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung Electronics yang digunakan pada ponsel low end dan smart phone. Nama Bada sendiri berasal dari bahasa Korea yang berarti "laut" atau "samudera dalam". Pertama kali Samsung mengumumkan platform Bada pada tanggal 10 november 2009.

Setelah pengumuman itu, ponsel Bada pertama kali adalah Samsung Wave S8500 yang pertama kali ditampilkan dalam acara Mobile World Congress 2010 di Barcelona pada bulan Februari 2010. Setelah peluncuran tersebut, perusahaan seperti Twitter, EA, Capcom, Gameloft dan Blockbuster menunjukkan dukungan mereka untuk platform Bada.

Pada bulan Mei 2010 Samsung merilis versi beta (SDK) untuk Bada demi menarik minat pengembang. Selain itu, Samsung memulai Bada Developer Challenge dengan total hadiah $2,700,000 (USD). Pada bulan Agustus 2010 Samsung merilis versi 1.0 SDK.

Lalu hadir Samsung Wave S8500, dirilis pada tanggal 1 Juni 2010 yang terjual satu juta handset dalam 4 minggu pertama sejak rilis. Samsung Wave S8500 diluncurkan dengan OS Bada versi 1.0 . Segera setelah peluncuran, Samsung merilis versi 1.0.2, yang meliputi perbaikan minor untuk pengguna Eropa. Versi terbaru 1.2 dirilis dengan ponsel Samsung Wave II S8530. Terakhir alpha-Bada versi 2.0 diperkenalkan pada 15 Februari 2011 dab kemungkinan menyusul akan keluar Samsung S5780 Wave 578 yang sudah mengadopsi bada OS versi 2.


Fitur
Beberapa fitur yang akan dimiliki pada Bada versi 2 antara lain :
Framework Aplikasi (Application Framework)
 Bada versi 2.0 dapat mendukung multitasking. Ini fitur yang cukup berguna untuk hadir dalam sistem operasi apapun, yang meningkatkan kinerja dan efisiensi dengan banyak tugas. Ada juga penigkatan pengendalian aplikasi yang berimplikasikan pada aplikasi pihak ketiga yang terdaftar pada URI (Uniform Resource Identifier) dan MIME (Multi Purpose Internet Mall Extension).
 Komunikasi (Communication)
Banyak fitur telah ditambahkan untuk meningkatkan komunikasi melalui handset. Ada layanan Push Message yang sudah terintegrasi dalam panel cepat dan juga akan ada sebuah nomor yang ditampilkan di atas ikon push messege yang akan berimplikasikan pada jumlah pesan baru yang belum terlihat. Fitur NFC (Near Field Communication - teknologi nirkabel jarak pendek) harus menyediakan layanan yang cepat baik saat membaca atau menulis. Serta adanya Wifi Direct yang akan menyediakan akses cepat dan mudah untuk setup P2P. Dengan demikian, bermain game dan menggunakan aplikasi bersama-sama akan sangat mudah dan efisien.
 Interaksi Pengguan (User Interaction)
Interaksi pengguna adalah  satu hal yang setiap pengguna smart-phone inginkan menjadi suatu pengalaman yang menarik. Dengan Bada 2.0, akan ada ketentuan untuk anajemen tata letak yang akan memungkinkan untuk meletakkan kontrol UI dengan posisi relatif. Selain itu, harus ada dukungan FlashLite 4.0 yang akan memaksimalkan kompatibilitas dengan Flash 10. Serta ada juga penguncian layar interaktif berbasis Flash. Fitur lainnya termasuk OpenAL yang akan memberikan suara 3D dengan mengubah posisi dari sumber audio dan pendengar. Bada 2.0 juga mengakomodasi kemampuan suara, yang akan mengimplikasikan layanan STT (Speech To Text) dan TTS ( Text To Speech).
 Web-Sentric Application
Aplikasi web Bada akan mengabungkan HTML5, JS Framework dan WAC 2.0 . Ada lebih dari 80 API yan dapat memberikan kegunaan lebih banyak dan keuntungan yang lebih besar. Selain fiturdi atas, telah terjadi peningkatan dalam fungsi keamanan seperti I/O dan DRM. OS Bada 2,0 juga memungkinkan peluncuran latar belakang, efek animasi dan personalisasi UI.


ini Samsung wave 525 yg kayak punyaku, jadi temen baruku :3





sengaja pilih warna pink, (warna kesuakaan banget :3)








2 komentar:

  1. samsung S5780 wave berapa ya harga di indo?? bagaimana menurut anda S5780 wave itu?

    BalasHapus
  2. meharganya sekitar 800rb an di indo,
    menurut saya s5780 wave itu hape semi android yg tidak ribet dan harganya sanagat terjangkau walau semi android tapi cameranya lebih bagus daripada SGalaxi :)

    BalasHapus