Selasa, 31 Juli 2012

Variable


Variable dalam bahasa pemrograman adalah alamat dari sebuh memori yang dapat menyimpan nilai dan mengubah nilai. jadi variable merupakan tempat atau wadah untuk menampung nilai yang memiliki tipe data tertentu. Sipat dari variable pada umumnya memiliki nama, tipedata, dan nilai. 




Dalam bahasa Java, satu-satunya cara untuk memasukkan data ke dalam variabel adalah dengan menggunakan assignment statement, atau pernyataan pemberian nilai. Pernyataan ini berbentuk:



variable = ekspresi;


di mana ekspresi menyatakan apapun yang berhubungan dengan nilai suatu data. Ketika komputer menjalankan instruksi ini, komputer akan menghitung dan menyimpan hasilnya ke dalam variabel. Contoh:


kecepatan = 40;


Variable dalam pernyataan di atas adalah kecepatan dan ekspresinya adalah angka 40. Komputer menghitung pernyataan ini dan menyimpan 40 ke dalam variabel kecepatan, dan mengganti apapun yang telah disimpan sebelumnya.


Sekarang misalnya kita ingin melakukan perhitungan yang lebih kompleks:


jarak = kecepatan * waktu


Di sini, * merupakan operasi perkalian. Komputer mengambil data yang disimpan dalam variabelkecepatan dan waktu, melakukan perkalian, dan menyimpan hasilnya dalam jarak.
Variabel dalam bahasa Java didesign untuk menyimpan hanya 1 jenis tipe data. Kompiler akan menampilkan kesalahan sintax apabila variabel ini dicoba untuk diberi tipe data jenis lain. Oleh karena itu Java disebut bahasa pemrograman bertipe kuat atau strongly typed language.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar