Selasa, 25 November 2014

Web usability

Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web. Menurut Jacob Nielsen, usabilityadalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interfaceuntuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :


a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.

b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikantask-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.

c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.

d. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.

e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Berikut ini adalah kodisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web:
Web sulit digunakan.
Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada web.
Informasi web sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna.

User Experience
User experience bisa berupa kesan yang diperoleh pengguna setelah menggunakan suatu perangkat lunak termaksud saat mengunjungi lamanwebsite. Kesan-kesan tersebut bisa berupa kesan positif, seperti : satisfiying, enjoyable, fun, entertaining, helpful, motivating, dan lainnya. Dan juga dapat berupa kesan negatif, seperti : boring, frustasing, annoying, dan lainnya.
Dalam membangun website, pengembang harus memperhatikan bagaimana caranya agar pengguna dapat merasakan kesan-kesan positif dan meminimalkan kesan negatif.


Riview Detik.com

Dalam website Detik..com, layanan iklan sangatlah dibutuhkan karena disitulah pihak media bisa mendapatkan penghasilan. Iklan-iklan ni sangat mudah dijumpai di setiap website di setiap bingkai berita. Desainnya pun beragam dan bagus-bagus hal ini bertujuan agar para pembeli tertarik dengan apa yang dipasarkan. Layaknya kita berbelanja di dunia nyata, berbelanja di dunia Online pun sudah marak dan berbagai macam bentuknya. Dan bentuk iklan itu berganti-ganti agar bisa semua iklan terlihat seperti halnya iklan di Tv.
Clarity
Desain yang ada di website Detik.com ini dirancang dengan tampilan yang membuat para pembaca online seperti sedang membaca koran dengan ditambah tampilan yang menarik serta gambar-gambar yang beragam. Peletakan tombol-tombolnya pun dibuat agar para pembaca merasa terbiasa dan mudah dalam membaca website ini. Dan agar para pembaca dapat membaca dengan jelas, penggunaan background warna biru muda agar membuat mata pembaca menjadi lebih fresh.
Consistensy
Hal ini sangat dibutuhkan sekali, agar para pembaca tidak lupa bagian mana saja yang sering mereka baca. Karena ketetapan suatu tampilan berpengaruh dengan niat si pembaca. Baik gambar, teks dll yang akan selalu berkaitan dan harus bisa menjalin kerjasama agar tercipta suatu bacaan yang bagus.
proximity
Didalam berita jika ada berita penting namun terusan berita ini berbeda halaman tentu sangat membuat pembaca jengkel dibuatnya, hal ini yang menjadi landasan suatu web seperti Detik.com ini membuat kaitan antar berita satu dengan yang lain bisa dihubungkan secara mudah agar pembaca dapat dengan mudah mencari berita yang di inginkan sang pembaca.
contrast
Kejerinihan suatu gambar dan warna-warna yang menarik menjadi suatu daya tarik pembaca agar lebih senang dan betah membaca di web Detik.com dan warna-warna ini pun untuk memperkuat fokus pembaca bacaan mana yang ingin pembuat berita ini mejadikan topik utama. Agar pembaca tau berita mana saja yang baru di Update oleh Redaksi dari Detik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar